Kasal Tekankan Prajurit Harus Sehat, Prajurit TNI AL Serbu RSAL dr. Mintohardjo

Redaksi







FokusIndonesia.com - Jalesveva Jayamahe, Jakarta, 29 September 2022,- Suasana berbeda tampak di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Mintohardjo khususnya dibagian uji pemeriksaan Kesehatan (urikes), Rabu (28/09) yang dipenuhi dengan kehadiran para prajurit TNI AL, sehingga ruangan yang tersedia tidak cukup menampung jumlah prajurit yang ada. Bahkan situasi ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

Usut punya usut ternyata hal ini terjadi karena perhatian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang sedemikian besar terhadap kesehatan para prajuritnya yang masih kurang peduli akan pentingnya memantau perkembangan Kesehatan melalui urikes yang telah rutin dijadwalkan oleh institusi sehingga bisa menyebabkan hal yang fatal.

Kasal menilai banyak prajurit yang masih mengabaikan kegiatan urikes sehingga tidak terpantau perkembangan kesehatan prajurit. Bahkan banyak yang menyembunyikan penyakitnya hanya karena takut berpengaruh terhadap kariernya.

Laksamana Yudo telah memerintahkan para Komandan di kesatuan masing-masing untuk memperhatikan para prajurit dan PNS yang menderita sakit untuk mendapat prioritas perawatan Kesehatan, menjamin semua prajurit dan PNS sudah melaksanakan urikes bahkan Kasal memerintahkan untuk melibatkan Pomal jika masih ada yang membandel.

Sementara itu, Pjs. Kasubdep Urikes Mayor Laut (K) dr. Ferry SpKJ dijumpai di sela-sela kegiatan mengatakan peserta urikes telah membludak sejak 26 September 2022 lalu dimana seharusnya kapasitas urikes hanya 50 orang per hari. Namun setelah ada penekanan dari pimpinan mengalami peningkatan yang sangat drastis.

“Hari ini saja sudah ada 159 orang yang mendaftar, sehingga untuk mengakalinya kami menambah jam pelayanan urikes”, ujar dr. Fery.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Top