Lantamal XII Gelar Komsos TNI Di Temajuk, Daerah Perbatasan Untuk Perkuat Rasa Bela Negara

Redaksi






FokusIndonesia.com - Mempawah, Lantamal XII,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan Masyarakat Maritim di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang merupakan Daerah Perbatasan dengan Negara Malaysia, Kamis (29/09/2022).

Komsos TNI yang digelar mengangkat tema "Melalui Komsos TNI, Kita Pelihara Kemanunggalan Dengan Rakyat Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Dimasa Pandemi Covid-19."

"Komsos TNI digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bernegara, untuk cinta tanah air dan bangsa, serta rasa bela negara. Kesadaran bela negara ini supaya ada kemanunggalan TNI dan rakyat, sehingga kondisi negara menjadi siap jika ada gangguan dan ancaman dari luar,"kata Pabanren Tahwiltas Spotmar Lantamal XII Letkol Laut (S) Tri Nugroho BS.

"Bela negara ini sangat penting, karena dapat memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Letkol Laut (S) Tri Nugroho mewakili Aspotmar Danlantamal XII.

Ketua Forum Bela Negara (FBN) Kalimantan Barat Karmin Hammade menyambut baik Komsos TNI di Temajuk yang digelar Lantamal XII, kegiatan yang melibatkan komunitas masyarakat ini dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat perbatasan terhadap negara.

"Wilayah perbatasan ini sangat rentan dengan masuknya narkoba, sehingga Komsos TNI ini menjadi sangat penting untuk menanamkan bela negara untuk mencegah ancaman apapun yang masuk ke wilayah kita," tegasnya.

Wakil Ketua FBN Kabupaten Sambas Misni Safari menyambut baik Komsos TNI yang melibatkan Ormas, Pelajar, Mahasiswa, serta masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta NKRI.

"Ini kegiatan positif yang digelar Lantamal XII untuk memunculkan rasa bela negara, kemanunggalan TNI dan rakyat serta kesiapsiagaan mengawal NKRI dari ancaman apapun yang mengganggu stabilitas negara,"pungkasnya.

Dalam kegiatan Komsos tersebut, materi yang diberikan kepada masyarakat, pelajar, organisasi kepemudaan, karangtaruna tentang bahaya menggunakan narkoba, nilai-nilai bela negara dan bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat.

(Dispen Lantamal XII)

Top