Untuk Mengasah Kemampuan Fisik dan Mental, Prajurit Lanal Tarempa Uji Kemampuan Kesegaran Jasmani

Redaksi






FokusIndonesia.com - Kepulauan Anambas,- Guna menguji dan untuk mengetahui kemampuan fisik dan mental prajuritnya, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla., selenggarakan Uji Kemampuan Kesegaran Jasmani (Samapta) yang wajib diikuti oleh seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS dan PHL Lanal Tarempa yang dilaksanakan di Lapangan Sulaiman Abdullah, Jalan Imam Bonjol, dilanjutkan di Halaman Mess Lanal Tarempa, Jalan Kartini, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (27/09/2022).

Sebelum melaksanakan rangkaian Uji Garjas (Kesegaran Jasmani), seluruh prajurit wajib mengikuti test kesehatan seperti cek up tensi darah dan kesehatan umum yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanal Tarempa. Prajurit yang dinyatakan sehat diperbolehkan mengikuti Uji Garjas namun bagi yang sakit atau tensi darah yang cukup tinggi diminta untuk beristirahat atau mengikuti kegiatan sesuai dengan kemampuan personel tersebut. Hal itu dianjurkan oleh Tim Kesehatan guna meminimalisir accident saat di lapangan atau di arena Garjas.

Uji Garjas dipandu oleh Tim Garjas Lanal Tarempa meliputi lari 12 menit mengelilingi lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah, dilanjutkan dengan Pull Up 1 menit, Sit Up 1 menit, Push Up 1 menit, dan Shutlerun dilaksanakan di Lapangan Voly Mess Lanal Tarempa.

Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla., turut mengikuti jalannya Uji Kesegaran Jasmani serta memantau seluruh rangkaian jalannya Uji Garjas, dan dengan bangga Danlanal Tarempa mensupport seluruh prajurit yang telah semangat dan antusias melaksanakan semua rangkaian Uji Garjas tanpa adanya insiden yang merugikan personel dan satuan.

“Saya bangga dengan prajurit yang saya cintai dan saya banggakan telah melaksanakan seluruh rangkaian Uji Kesegaran Jasmani dengan penuh semangat dan antusias baik yang sudah senior lebih-lebih yang masih junior semuanya dapat melaksanakn Uji Garjas ini dengan baik. Saya puas dan saya berharap meskipun kita bertugas jauh dari kota besar dan di Pangkalan saya berharap kualitas stamina fisik dan mental Prajurit Lanal Tarempa harus tetap baik, sehat dan selalu siap sewaktu-waktu menerima perintah tugas dimanapun berada. Ketahuilah bahwa di dalam badan dan fisik yang sehat terdapat jiwa dan mental yang kuat, sehingga apapun tugas dan pekerjaan akan terlaksana dengan baik”, ucap Danlanal Tarempa.

Danlanal Tarempa juga menekankan kepada seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS/PHL Lanal Tarempa agar selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani tidak hanya rutin dilaksanakan pada hari Selasa dan Jumat pada saat olahraga bersama, namun juga dapat dilakukan dirumah bersama keluarga. Mengajak Istri dan anak untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani dengan rajin berolahraga.

“Saya tekankan kepada seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS/PHL Lanal Tarempa agar selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani tidak hanya rutin dilaksanakan pada hari Selasa dan Jumat pada saat olahraga bersama namun juga dapat dilakukan dirumah bersama keluarga. Mengajak Istri dan anak untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani dengan rajin berolahraga, apalagi di masa pandemic Covid-19 dan di musim pancaroba yang tidak menentu situasi cuaca kadang hujan kadang panas akan berbahaya bagi kesehatan kita semua. Maka dari itu, saya menghimbau agar seluruh Prajurit dan Keluarga Besar Lanal Tarempa tetap waspada dan jaga kesehatan diantaranya dengan rajin berolahraga guna menjaga kemampuan fisik dan mental”, tambah Letkol Laut (P) Yovan.

Turut hadir dalam pelaksanaan Uji Kemampuan Kesegaran Jasmani diantaranya Danlanal Tarempa, Pasprogar selaku Pjs. Palaksa, Pasintel, Dankal P. Siantan/Pjs. Paspotmar, Dankal Baruk, dan Perwira Staf serta seluruh Prajurit Bintara dan Tamtama serta PNS dan PHL Lanal Tarempa. Selama pelaksanaan Garjas berjalan dengan aman dan lancar dan usai pelaksanaan Garjas Danlanal Tarempa bersama seluruh Prajurit menikmati hidangan dan hiburan di Gedung Napoleon Lanal Tarempa.

(Pen Lanal Tarempa)

Top