TENAGA KESEHATAN GARDA TERDEPAN SERBUAN VAKSIN MARITIM TNI AL

Redaksi







Fokusindonesia.com, Jakarta, 24 Juli 2021 - Satya Wira Jala Dharma. Suksesnya serbuan vaksinasi maritim Covid-19 TNI AL tidak lepas dari peran penting tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan program percepatan penanganan covid 19.

Sejak mulai mewabahnya virus covid 19 awal Maret tahun lalu, tenaga kesehatan menjadi prajurit terdepan dalam memerangi serbuan virus yang masih mewabah hingga saat ini.

Begitu pun tenaga-tenaga kesehatan TNI AL yang terus mendukung peperangan menghadapi musuh kesehatan manusia ini tentu memiliki peran yang luar biasa dalam memutus mata rantai maupun menyelamatkan nyawa manusia bersama tenaga-tenaga kesehatan dari instansi lainnya.

Jika menoleh pada tenaga kesehatan yang berperan dalam serbuan vaksin maritim TNI AL yang digelar Komando Lintas Laut Militer selama dua hari mulai 23 hingga 24 Juli 2021 ini.

Dinas Kesehatan Kolinlamil mengirimkan 20 tenaga kesehatannya yang diantaranya seorang dokter perempuan berpangkat Letnan Satu bernama dr. Yudith Selyna Arisepti dan seorang dokter perwira baru Letnan Dua Laut (K) dr. Harun Akbar.

Kedua dokter tersebut menjadi garda terdepan bersama dengan para tenaga kesehatan lainnya menembakan vaksin-vaksin untuk kekebalan tubuh (Herd Immunity) kepada warga masyarakat Kepulauan Seribu.

Kedua dokter muda tersebut mengungkapkan rasa bangganya dapat menjadi bagian dari tenaga kesehatan yang mendukung serbuan vaksin TNI AL.

Mereka bahu-membahu bersama para tenaga kesehatan lainnya untuk melakukan peperangan terhadap virus covid 19 yang masih terus mewabah negara kita.

“Tentunya merupakan kepuasan tersendiri dapat memberikan yang terbaik dan mendukung serbuan vaksin maritim ini. Meskipun lelah namun tidak sebanding apabila tenaga dan pikiran ini dapat menyelamatkan atau membantu mencegah warga masyarakat dari virus covid 19” ujar dr. Yudith yang alumni Fakultas Kedokteran Trisakti ini.

Senada dengan dr. Yudith, Letda Laut (K) Harun Akbar pun mengungkapkan kebanggaannya bila apa yang diberikannya kepada bangsa dan negara dalam situasi covid 19 ini dapat membantu mencegah terpaparnya seseorang dari virus covid 19.

“Sebagai seorang prajurit kesehatan yang baru saja mengabdi kepada bangsa dan negara melalui TNI AL, tentu kami sangat bangga bisa mendukung serbuan vaksin maritim TNI AL ini. Sebagai dokter militer inilah peperangan menghadapi virus yang sudah cukup banyak mengakibatkan banyak korban teman, saudara maupun keluarga yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Untuk itu ayo kita vaksin dan ikuti protokol kesehatan” tandas alumni Fakultas Kedokteran Universitas Lampung ini.

Dalam hal ini TNI AL mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan yang diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajaran TNI AL untuk terus menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim.

Serbuan vaksin maritim yang dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer yang semula dilakukan di dalam Tank Deck KRI Teluk Youtefa-522, namun dikarenakan animo masyarakat di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu pada Sabtu (24/7) sangat antusias untuk melaksanakan vaksin, maka Tim vaksinator melakukan pendaratan di kedua pulau tersebut.

Lurah Pulau Kelapa Kepulauan Seribu Muslim menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan Serbuan Vaksin Maritim TNI AL khususnya Kolinlamil dalam program vaksinasi nasional dengan target pemerintah 1 juta vaksin per hari.

“Kami terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh TNI AL, karena selain vaksin yang diberikan, warga pulau kelapa yang sudah di vaksin juga mendapatkan bantuan berupa sembako dan daging qurban, tentunya hal ini sangat membantu masyarakat di pulau kelapa” kata Lurah Pulau Kelapa.

Beberapa warga juga sangat senang adanya kegiatan serbuan vaksin maritim ini dan berharap untuk vaksin yang kedua bisa dilaksanakan kembali di Kepulauan Seribu.(Dispen Kolinlamil).

Top