Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) 2018 Kembali Digelar

Redaksi


Jakarta, Fokus Indonesia.com - RCTI dengan bangga kembali mempersembahkan Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) 2018, sebuah perhelatan akbar penganugerahan insan perfilman Indonesia Memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-12, lMA Awards telah menjadi bagian dari dunia perfilman nasional dan menjadi salah satu awarding di bidang film yang sangat diperhitungkan di Indonesia.

Ada yang berbeda pada Indonesian Movie Actors Awards ke-12 kali ini. Di IMA Awards 2018 jumlah film yang terdaftar pada pagelaran ini bertambah dari 47 film di tahun 2017 menjadi 61 film di tahun lini. FilIm-film tersebut adalah film produksi Indonesia yang dirilis baik di dalarn maupun luar negeri dengan periode mulai 1 Maret 2017 sampai 28 Februari 2018. Peningkatan jumlah film yang terdaftar di IMA Awards 2018 menggambarkan bahwa industri film Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan apresiasi di mata masyarakatnya.

"Selama 12 tahun masih berlangsung karena semua usaha dari industri perfilman, baik di bidang kreatifnya, orang di balik layarnya, dan itu patut diapresiasi. Di mana Film dari tahun ke tahun memunculkan karya yang terbaik," tutur Dini Putri, Director Programming and Acquisition RCTI di acara konferensi pers IMA Awards 2018, MNC Tower 1, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Rabu (30/5/2018).

Berdasarkan berbagai aspek penilaian yang diperhitungkan untuk menentukan karya karya terbaik yang Iayak masuk ke daftar nominasi, para juri telah bekerja keras untuk menghasikan nominasi kategori terbaik dan terfavorit. Terdapat 17 hategori di IMA Awards 2018 yang terdili dari 8 kategori terbaik berdasarkan pilihan juri, dan 7 kategori terfavorit berdasarkan pi lihan masyarakat melalui voting, serta 2 kategori spesial yaitu: lifetime achievement yang diberikan setiap tahun dan special awards yang tahun ini diberikan kembali, setelah dua tahun sebelumnya vakum untuk kategori ini.

Sistem voting oleh masyarakat tahun ini akan menggunakan sistem voting melalui SMS, website, sosial media (instagram), dan meTube yang dapat diiakukan dan tanggal 30 Mei 2018 hingga 3 Juli 2018. RCTI bangga bisa kembali mempersembahkan lMA Awards sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang berkarya di dunia hiburan khususnyu di bidang perfUman. Jajaran nomine yang diisi oleh nama-nama aktor, aktris dan film-film terbaik lndonasia telah ditentukan oleh dewan juridi tiap kategorinya.

Ditahun ini komposisi para juri IMA Awards sedikit berbeda dengan adanya penambahan jumlah juri yang pada tahun lalu berjumlah 5 orang menjadi 7 orang dewan juri. Mereka adalah Marcella Zalianty sebagai Ketua Dewan Juri, kemudian Lukman Sardi dan Salman Aristo yang sempat menjadi dewan juri pada ajang IMA Awards sebelumnya dan kembah dipercayakan menjadi dewan juri pada IMA Awards tahun ini. Selain itu, untuk menambah keragaman sudut pandang penilaian, deretan wajah baru yang tidak perlu diragukan lagikapasitasnya dalam dunia perfilman yaitu, Marsha Timothy, Robert Ronny, lfa Isfansyah, dan Ario Bayu.

"lndustri perfilman tanah air belakangan ini kembali pada masa-masa produktifnya, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah karya film dari berbagai rumah produksi yang masuk dalam proses penilaian oleh dewan juri IMA Awards 2018. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk mencapai sebuah kesepakatan oleh para dewan juri dalam menentukan nama-nama nomine pada tiap kategorinya. Bertambahnya jumlah jajaran dewan juri pada tahun ini juga semakin menambah aspek-aspek penilaian dalam menentukan karya-karya terbaik yang layak-masuk ke dalam daftar nominasi." ujar Marcella Zalianty, Ketua Dewan Juri IMA Awards 2018.

Malam Puncak IMA Awards 2018 akan dilaksanakan pada Rabu, 4 Juli 2018 pukul 21.00 WIB dan disiarkan langsung dari Studio 14 MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta.

(Sumiyati)

Top