Jelang 25 Tahun Kedua, Dompet Dhuafa Kuatkan Ekosistem Pemberdayaan Dhuafa

Redaksi



Jakarta, FokusIndonesia.com -Terdapat 29 jute orang miskin dan 90 Juta penerima PBl 92 jute menurut Kementerian Kesehatan. Dari total 176,74 Juta pesena BPJS Kesehatan. sebanyak 92 juta (52 persen) merupakan Penerima Bantuan luran (PBI). lndonesia adalah Negara dengan tingkat kesenjangan paling unggi urutan ke-4 di Dunia Kekayaan per orang meningkat 6 kali lipat selama penode 2000-2016, namun menuiut standar internasional. kekayaan rata-rata orang di lndonesia masih rendah. Total harta empat orang terkaya di Indonesia tercatat 25 miliar dollar AS, setara dengan gabungan kekakayaan 100 juta orang terrmskin (Oxfam International).

Dompet Dhuafa memasuki usia yang ke 25 tahun, mencoba berkolaborasi dengan membawa budaya masyarakat Indonesia untuk terus bersama memajukan bangsa. saat ini Dompet Dhuafa memiliki 17 oabang dan perwakllan dalam negeri, 5 cabang berada diluar negeri, 9 kantor layanan, 138 program, 18 gerai sehat layanan kesehatan cuma-cuma 5 rumah sakit. 4 sekolah, 7 outlet Dayaman, 1 De Fresh, 11 unit Bisnis, sebagian besar pertumbuhan mempakan hasil pendekatan Dompet Dhuafa terhadap khasanah budaya lokal (Selasa,30/01)

Menurut drg. Imam Rulyawan MARS, sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan “Dompet Dhuafa selama perjalanan 25 tahun ini semakin menguatkan potensi lokal dengan menialankan konsep Social Enterprise seperti program Green Horti dan Kebun lndonesia Berdaya".

Jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa dari tahun 1993 hingga tahun 2017 sebanyak 16.80 Juta jiwa dan Iayanan, sementara jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa di Tahun 2017 sebanyak 1,76 Juta jiwa dan layanan, slnergi antara Dompet Dhuafa Filantropi dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise terus melebarkan sayap dengan berbagai program untuk bahu membahu membangun program yang kebenanjutan. Sementara jumlah penerima manfaat yang berada di luar negara 82.882 Jiwa dan layanan.

“Dompet Dhuafa Social Enterprise melakukan pengembangan dan penguatan usaha -usaha dengan berbasis Social Enterprise yang profesional menuju kemandirian usaha dan menciptakan nilai nilai sosial dalam rangka meningkalkan pemerataan sosial menclptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyaiakat", tutup lwan Ridwan selaku Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise.


pada bidang retail bisnis, melalui unit usaha Dompet Dhuafa Niaga “lama tahun 2017 telah dikembangkan unit usaha Daya Man yaltu model bisnis retail berbasis pemberdayaan dengan konsep 100 % kepemilikan diarahkan untuk kaum Dhuafa sebagai piloting Daya Mart dikembangkan didaerah Sumatra Barat dan salama tahun 2017 sudah drbuka sebanyak enam geral dengan manalemen dari Dompet Dhuarg Nraga. Daya Mart juga dapal menampung produk Uaaha Masyarakat Kecil den Menengah (UMKM) iokal untuk drpasarkan melalul Daya Man Strategl yang dikembangkan Daya Mart antara lam memperkuat permodalan den membangun janngan distribusl dengan warung/kios dr sekltar Daya Mart Seiain Itu pada bidang agro industri Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE) melalui PT. Karya Mayarakat Mandlri (KMM) dengan program Indonesia Berdaya telah mengolah lahan seluas B 5 hectare yang ditanaml dengan aneka tanaman buah diantaranya buah naga. nanas, papaya, jambu kristal dan alpukat yang dotanami secara tumpang sari di daerah Subang Jawa Barat. Pada perkebunan tersebut rencananya akan segera dibangun pabrik ekstrak buah dan makanan olahan (selai , sirup dan lainnya). Pabrik tersebut diharapkan dapat berproduksl secara padat karya dan menyerap kenaga kena dari kalangan kaum dhuafa.

Sementara pada bidang kesehatan DDSE selama tahun 2017 mengembangkan social hospital network yaitu rumah saklt berbasis wakaf untuk melayani kaum dhuafa. Saat ini sudah berdiri 5 Rumah Sakit berbasis wakaf, yaltu 1. Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu; 2. Rumah Sakit Aka Medika Sri Bawono Lampung Timur; 3. Rumah Sakit lbu dan Anak Sayidah Jakarta Timur; 4. Rumah Sakrt Mata Ahmad Wardi Serang den 5. Rumah sakit Lancang Kuning Riau. Konsep social hospital network nantinya setiap Rumah sakit afrliasi Dompet Dhuafa akan dlkelilingi minimal empat kilinik sebagai feeder Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan demikian akan semakin banyak kaum dhuafa yang dapat dilayani.

Dompet Dhuafa pada tahun 2017, terus menggelorakan aksi respon kemanusiaan berskala lnternasional dengan menyaiurkan bantuan bahan makanan dan obatobatan di kamp pengungsi korban perang di Kamp Harielle, Suriah pada Februari sementara di bulan September 2017, Dompet Dhuafa yang didukung oleh lkatan Dokter Indonesia (lDl) memberikan peiayanan kesehatan dasar bagi para pengungsi di Kamp Coxs Bazar.

Hingga tahun 2017, Dompet Dhuafa telah memiliki jumlah relawan mencapai 8.481 orang yang tersebar pada di seluruh lndonesia. jumlah ini meningkat pada kurun waktu 4 tahun terakhir sebesar 21.5 %. Sementara di Tahun 2017 Dompet Dhuafa telah menghimpun sebanyak 340,78 Milyar dengan penyaluran sebanyak 274, 82 Milyar. Lima pilar yang dimiliki Dompet Dhuafa seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial, dan Dakwah menjadi pondasl dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat lndonesia.

Inssha Alah tekat membentang kebaikan Dompet Dhuafa pada 25 tahun kedua ialah terus menguatkan ekosistem pemberdayaan Dhuafa.(Sum)

Top